Rabu, 12 Oktober 2011

JENIS-JENIS KAYU UNTUK BAHAN DASAR GITAR ELEKTRIK

Industri gitar dewasa ini makin berkembang, tidak hanya di luar negeri, namun di indonesia sendiri telah banyak luthier gitar terkenal yang produknya telah dipasarkan ke berbagai negara di dunia. oleh karena itu, kebutuhan akan bahan baku dari gitar yang berupa kayu sangatlah penting, setiap luthier harus memperhatikan kualitas gitar yang dibuatnya, karena jenis kayu sangat mempengaruhi kualitas gitar.

Selama ini para pencinta gitar hanya mengenal Alder , Ash , Basswood , Maple , Mahogany , agathis .. yg sering di jadikan bahan dasar gitar /bass . Padahal ada beberapa kayu bagus yg sudah di uji kehandalannya untuk bahan gitar & bass. Kayu -kayu asli Indonesia tersebut sudah memenuhi standart bahan yg cukup bagus . sperti Tekturnya ,berat jenis, serat kayu ,kekuatan kayu & daya resonansi yg baik !!

Jenis-jenis kayu tersebut adalah CEMPAKA ,MERAWAN ,NYATOH, LASI , EBONY , MAGOHANY , ALPUKAT , BERINGIN........

1. Kayu LASI : termasuk kedalam jenis kayu istimewa ! nama lainnya adalah KILAKI. spesies jenis Adina Fagifolia Val. suku Rubiaceae. kayu ini mempunyai kekeringan yg bagus & berat jenis yg tergolong tidak terlalu berat.

Warna kayu ini kuning tua , dengan corak kembang sedang , daya kekerasan sedang ,dengan serat yg berpadu. Tumbuh di area sekitar Sulawesi , Nusa Tenggara ! kayu ini jika sudah di finishing sangat mewah & tergolong kayu mahal untuk di pakai alat musik .. tetapi jarang ada yg tahu dan mulai ada pabrikan luar negeri yg memakai nya untuk gitar /bass !!

2. Kayu EBONY : Kayu yg sudah tak asing lagi bagi kalangan industri gitar di Dunia untuk di jadikan freetboard atau kayu lapis atas & tengah Body ! nama lainnya adalah Macasar Ebony , kayu arang ,Coromandel & kayu hitam ! nama latin nya Dyospiros spp. family suku Ebenaceae. Tumbuh di Sekitar Sulawesi tengah & tenggara ( Maluku ) .

warna hitam kelabu di selang seling warna lebih muda , dan terkadang hitam gelap . sifat pengerjaan nya keras & sukar , kembang serat besar kekerasan sedang . tektur kasar .Kayu ini cocok untuk alat musik , perkakas , seni ukir ..

3. kayu CEMPAKA : nama lainnya adalah Baros warna kuning sampai coklat merah ,. kekerasan sedang. terdapat si Sumatra, jawa , kalimantan ,Sulawesi . kayu ini sekarang sedang banyak di uji coba untuk di jadikan bahan alat musik , karean tergolong kayu yg m,empunyai resonansi suara yg baik. dengan serat yg rapat .

4. Kayu SONOKELING : nama lainnya adalah Sonobrits , Palisander, Indian Wood , sono sungu ! nama latinya Dalbergialatifolia Roxb. dengan warna merah tua / ungu dengan garis-garis hitam gelap. kayu ini jenis yg sangat keras , bahkan bisa lebih keras dari pada Ebony ! dan jika di gosok bisa sangat halus sekali. terdapat di Pulau jawa ! biasanya digunakan juga sebagai Frettboard guitar/bass dan sudah hampir semua industri ditar memakainnya karena mirip sekali dengan Ebony hanya ebony lebih hitam.

5. Kayu MAHONI : atau dunia luar menyebut Magohany wood ! kayu asli Indonesai yg paling banyak di cari untuk di jadikan bahan Body gitar/bass . Pabrikan Gibson , PRS dll menggunakan kayu jenis ini untuk bahan baku gitar nya . kayu ini berwarna coklat muda hingga coklat tua . kayu yg sudah berumur ratusan taun sangat bagus sekali di jadikan bahan Body & neck gitar/bass.

Kayu ini di temukan oleh orang amerika di Indonesia dulunya , maka lebih terkenal dengan sebutan Amerika Mahogany ! kayu ini sekarang menjadi langka di Indonesai karena banyak di eksport untuk di jadikan bahan gitar/bass dan alat musik yg lain .

Seratnya sangat padat , jika di gergaji atau diolah tidak mudah sompal & rapih . tidak berbulu. kayu ini masuk hitungan kayu terbaik untuk gitar di Dunia . Tumbuh di Jawa barat & tengah seputar Kidiri.

6. Kayu SUNGKAI : ini kayu yg pernah merajai bahan pembuatan gitar di era tahun 80/90 an . Kayu yg mirip sekali dengan serat dan warna kayu Ash dari amerika. resonansi suara yg dihasilkan cukup baik . kayu yg sudah berumur tua sangat bagus. berwarna kuning muda sampai kuning tua.

Nama lain dari kayu ini adalah Kayu Jati sabrang ( bukan jenis Jati !),Lurus , Koeroes !. nama latinya Penomena Canascens jack ! tumbuh di Sumatra , Jawa,Kalimantan barat,tengah & selatan .kayu ini yg saya pakai untuk pembuatan bass model musiman agar terlihat mirip dengan kayu Ash.

1 komentar:

intisari-sunbasspro mengatakan...

Harus tetap dilestarikan hasil kekayaan alam di Indonesia...!!!
Review Bass Gitar : http://intisari-sunbasspro.blogspot.com

Poskan Komentar